Publikasi » Detail

Launching Aplikasi Pekasem Teritip (pelaporan kependudukan sampai kecamatan terhadap kelahiran dan kematian penduduk)

Detail Publikasi

Kamis, 27 Febuari 2020 Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Selatan kembali ikut berpartisipasi dalam memeriahkan perayaan HUT Kabupaten Bangka Selatan yang ke 17 Tahun di Kecamatan Payung dengan Launching Aplikasi Pekasem Teritip (pelaporan kependudukan sampai kecamatan terhadap kelahiran dan kematian penduduk) sekaligus Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Kependudkan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Selatan dengan Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan dan menyerahkan Kartu Identitas Anak secara langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Bapak Drs. H Justiar Noer, S.T., MM, M.Si dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Selatan Benny Supratama, S.STP, M.Si

Pekasem teritip (pelaporan kependudukan sampai kecamatan terhadap kelahiran dan kematian penduduk), nama ini identik dengan kearifan lokal yang ada di Pulau Bangka, khususnya Bangka Selatan. Pekasem teritip adalah kuliner ekstrem khas Pulau Bangka yang dibuat dari hewan laut teritip yaitu hewan yg menempel dibebatuan laut Pulau Bangka. Kuliner ini terbilang ekstrem Karena cara pembuatannya dengan fermentasi atau pembusukan shg menghasilkan rasa asin dan asem. Untuk menyeimbangkan rasa kuliner ekstrem ini, biasanya ditambahkan bumbu lain seperti perasan jeruk kunci, irisan bawang merah, serta irisan cabe rawit agar terasa pedas. Selain itu pekasem teritip juga cocok disandingkan dengan aneka sayur mayur sebagai lalapan. Seperti rebusan pucuk singkong, timun ataupun kangkung, serta jenis sayuran lain. Dan, akan lebih mantap lagi bila disajikan dengan ikan goreng yang masih panas.

Dari sisi substansi, PEKASEM TERITIP terdiri dari dua jenis inovasi. Pertama inovasi dalam hal pelaporan peristiwa penting Kelahiran dan Kematian Penduduk yang terintegrasi dalam Siak (Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan) , dan kedua inovasi dalam kemudahan untuk kepemilikan Akta Kelahiran dan Kematian.
Tujuannya antara lain, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akta kelahiran dan kematian dengan memperpendek jarak dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
Tahapan proses PEKASEM TERITIP yaitu masyarakat melaporkan Kematian dan Kelahiran yg terjadi pada anggota keluarganya dengan melengkapi berkas pendukung ke Kecamatan, setelah berkas diproses oleh kecamatan dan diupload melalui Siak, Dinas DUKCAPIL Kab. Bangka Selatan memverifikasi data dan mencetak dokumen kependudukannya (Kartu Keluarga, KTP, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian). Petugas PEKASEM TERITIP kecamatan mengambil Dokumen Kependudukan yg telah dicetak ke Dinas DUKCAPIL dan menukar ya dengan berkas pengajuan yg asli... Masyarakat dapat mengambil dokumen kependudukannya di Kecamatan.

Bagikan:

Publikasi Lainnya: